Gambaran Klinis dan Penatalaksanaan Hipertensi

Gambaran Klinis
Menurut Davey (2005, Hal 68) Gambaran klinis pada Hipertensi  biasa nya asimtomatik, sampai terjadi kerusakan organ target. Sebagian besar nyeri kepala pada hipertensi tidak berhubungan dengan Tekanan Darah. Fase hipertensi  yang  berbahaya biasa ditandai oleh nyeri kepala dan hilangnya penglihatan (papiledema). Gejala hipertensi sangat bervariasi, mulai dari yang tanpa gejala, atau dengan keluhan ringan seperti pusing-pusing, sakit kepala. Sebagian penderita mungkin mengeluh tegang-tegang di belakang leher, sesak napas bila melakukan aktivitas, dan ada yang langsung terjadi serangan stroke dan atau gagal jantung.

Penatalaksanaan
Tujuan penatalaksanaan medis pada klien dengan hipertensi adalah mencegah terjadinya morbiditas dan mortalitas penyerta dengan mencapai dan mempertahankan tekanan darah dibawah 140/90 mmHg. Efektifitas setiap program ditentukan oleh derajat hipertensi, komplikasi, biaya perawatan, dan kualitas hidup sehubungan dengan terapi (Muttaqin & arif 2009. Hal 117).

Daftar Pustaka 
Davey, P (2005). At A Glance Medicine. Editor: Amelia Safitri. Jakarta : Erlangga
Muttaqin & arif (2009). Pengantar asuhan keperawatan klien dengan gangguan sistem kardiovaskular. Jakarta : Salemba Medika. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gambaran Klinis dan Penatalaksanaan Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel