Komplikasi Hipertensi


Komplikasi Hipertensi| Menurut Dalimartha & Setiawan (2008, Hal 13) Penderita hipertensi  berisiko terserang penyakit lain yang timbul kemudian. Beberapa penyakit yang timbul sebagai akibat hipertensi di antara nya sebagai berikut :

Penyakit jantung koroner
Penyakit ini  sering di alami penderita hipertensi sebagai akibat terjadi nya pengapuran pada dinding pembuluh darah jantung. Penyempitan lubang  pembuluh darah jantung menyebab kan  berkurang nya aliran darah pada beberapa bagian otot jantung. Hal ini menyebab kan rasa nyeri di dada dan dapat berakibat gangguan pada otot jantung. Bahkan, dapat menyebab kan timbul nya serangan jantung.

Gagal jantung
Tekanan darah yang  tinggi  memaksa  otot  jantung  bekerja lebih berat untuk memompa darah. Kondisi itu berakibat otot jantung akan menebal dan merenggang sehingga daya pompa otot menurun. Pada akhir nya dapat terjadi kegagalan kerja jantung secara umum. Tanda-tanda ada nya  komplikasi yaitu sesak napas, napas putus-putus (pendek), dan terjadi pembengkakan pada tungkai bawah serta kaki.

Kerusakan pembuluh darah otak
Beberapa penelitian di luar negeri mengungkap kan bahwa hipertensi menjadi penyebab utama pada kerusakan  pembuluh darah otak. Ada dua jenis kerusakan yang di timbul kan yaitu pecah nya pembuluh darah dan rusak nya dinding pembuluh darah. Dampak akhir nya, seseorang bisa  mengalami stroke dan kematian.

Gagal ginjal
Gagal ginjal merupakan peristiwa di mana ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mesti nya. Ada dua jenis kelainan ginjal akibat hipertensi, yaitu nefrosklerosis benigna dan nefrosklerosis maligna. Nefrosklerosis benigna terjadi pada hipertensi yang berlangsung lama sehingga terjadi pengendapan fraksi fraksi plasma pada pembuluh darah akibat proses menua. Hal itu akan  menyebab kan daya permeabilitas dinding pembuluh darah berkurang. Adapun nefrosklerosis maligna merupakan kelainan ginjal yang di tandai dengan naik nya tekanan diastole di atas 130 mmHg yang di sebab kan terganggu nya fungsi  ginjal.

Daftar Pustaka
Dalimartha, S dkk (2008) care your self, hipertensi. Jakarta : penebar plus+ .

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komplikasi Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel