Cara Mencegah Sakit Maag Atau Gastritis

Cara Cegah Sakit Maag Atau Gastritis
Ilustrasi Penderita Gastritis

Cegah Sakit Maag atau Gastritis | Sebelum kita membahas tentang cara mencegah terserang penyakit maag atau gastritis, mari kita kenali dulu apa itu gastritis...?

Gastritis merupakan suatu kondisi dimana lambung sudah terkikis atau juga di sebut peradangan. Untuk mengenal ada berapa jenis gastritis....? 

Berikut penjelasannya :

Gastritis di kategorikan kedalam dua fase yaitu fase akut dan fase kronis, fase akut merupakan serangan sakit perut atau pada bagian ulu hati yang terjadi secara tiba-tiba, sedangkan fase kronik identik dengan gejala yang sudah timbul sejak lama, lamanya waktu yang dimaksud adalah tidak menentu karena kondisi dan gejala ini bisa timbul secara perlahan dari waktu ke waktu yang terkadang oleh penderitanya sendiri tidak mengetahui secara persis sejak kapan ia sudah mengalaminya, namun tetapi bagi setiap orang dengan segera akan mengetahui bila pernah memeriksakan dirinya ke klinik maupun ke rumah sakit yang mempunyai fasilitas pemeriksaan endoscopy.

Jangan Lewatkan Juga :

Lambung memiliki peran yang cukup penting bagi keberlangsungan bagusnya lambung itu sendiri dengan cara menghasilkan asam dan enzim yang efktifitas kinerjanya sangat di diperlukan untuk mencerna makanan sehingga mampu mencegah pengikisan dan peradangan pada lapisan lambung, namun dalam kondisi ini makanan yang kita makan dan protein yang dicerna sangat sangat berpengaruh untuk kecukupan kadar asam dan enzim yang di hasilkan mencapai batas yang dapat di toleransi dan juga tidak tidak berlebihan, oleh karena itu maka periksa kembali makanan yang akan anda konsumsi apakah memiliki kadar lemak yang tinggi atau tidak, karena kadar lemak yang tinggi mengakibatkan rendahnya pH atau asam lambung semakin meningkat dan berakibat buruk terhadap dinding lambung. Lapisan lendir juga sangat diperlukan untuk menetralisir tingkat keasaman asam lambung.

Seperti disebutkan tadi, ada sebagian orang yang menyadari ianya terdiagnosis dengan masalah gastritis atau maag, dan adapula yang tidak menyadarinya karena tidak merasakan gejala-gejala yang ditimbulkan seperti berikut ini :
  • Nyeri yang menyebar samapi ke ulu hati dan panas di dalam lambung
  • Tidak ada atau berkurangnya nafsu makan
  •  Selalu merasa cepat kenyang hanya setalah makan beberapa sendok.
  •  Perut kembung dan berbunyi seperti bunyi bleduk saat di perkusi
  •  Cegukan
  •  Mual dan Muntah
  •  Sakit perut sepanjang hari atau hilang timbul
  •  Sering merasa ingin BAB
  •  BAB dengan tinja berwarna hitam pekat
  •  Dan Muntah darah

Bila anda sudah pernah mengalami gejala-gejala seperti diatas maka dengan segera lah untuk berkonsultasi dengan dokter jika langkah-langkah sebagai berikut sudah anda coba dan tidak ada tanda-tanda hilangnya gejala seperti di atas.

Cara Mencegah dan Mengobati Gastritis atau Maag

  1. Makan makanan dengan sedikit tetapi sering, sebagai contoh jika sebelumnya anda makan 3 kali dalam sehari maka cobalah untuk membagi porsi makan anda menjadi sedikit tetapi makan dengan frekuensi 5 sampai 6 kali dalam sehari.
  2. Sebisanya untuk menghindari makanan yang berminyak seperti lauk pauk yang banyak mengandung minyak dan segala jenis gorengan, serta minimalkan juga zat asam dalam makanan, makanan yang pedas.
  3. Tidak di pungkiri lagi bahwa sebagian orang menganggap alkohol sebagai alternatif untuk menghilangkan stress dengan karena paham seperti itu maka kontrol lah stress anda sehingga anda tidak perlu meneguk alkohol karena alkohol juga menjadi salah hal yang dapat menyebabkan gastritis atau terpicunya pengikisan lambung juga bisa diakibatkan komsumsi pencandu alkohol berlebihan.
  4. Hindari penggunaan obat anti inflamasi sebisa mungkin, karena zat kimia yang terkandung dalam obat tersebut mengakibatkan terjadinya iritasi lambung semakin meluas.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mencegah Sakit Maag Atau Gastritis"

  1. jadinya harus sering makan ya mas :D

    BalasHapus
  2. Makan dengan porsi sedikit, tetapi dengan frekuensi yang sering mas....

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel